logo
0

Shopping Cart

Total: Rp 0,-
Masuk / Daftar
  • or
  • Log In Dengan Facebook Log In Dengan Twitter Log In Dengan PrivyID
  • Belum memiliki account? Daftar Di Sini!
  • Lupa Password?
  • Leather Goods
    • Leather Goods

      • Tas Kulit
      • Sepatu & Sandal
      • Dompet
      • Belt
      • Strap
      • Leather Care
      • Aksesoris Kulit
  • Woodworks
    • Woodworks

      • Jam Tangan
      • Kacamata
      • Tas & Dompet
      • Alat Makan
      • Aksesoris Kayu
  • Textile
    • Textile

      • Batik
      • Natural Dye
      • Handmade Pattern
  • Artisan Crafts
    • Artisan Crafts

      • Keramik
      • Aksesoris Handmade
  • Apparel
    • Apparel

      • Denim
      • Atasan
      • Bawahan
      • Wanita
      • Tas & Dompet
      • Sepatu & Sandal
      • Aksesoris
  • Lifestyle
    • Lifestyle

      • Dekorasi Rumah
      • Aksesoris Gadget
      • Grooming
      • Agenda & Notebook
      • Lainnya
  • Premium Selection
  • All Products
  • MASUK / DAFTAR
    • or
    • LOG IN Dengan Facebook LOG IN Dengan Twitter LOG IN Dengan PrivyID
    • Belum memiliki account? Daftar Di Sini!
    • Lupa Password?

FAQ

  • Account
  • Pembelian
  • Berjualan
  • Pembayaran
  • Pertanyaan?

FAQ (Frequently Asked Question)


Pilih salah satu kategori di samping untuk menemukan pertanyaan dan solusi yang sesuai dengan permasalahan anda.

Untuk membaca panduan cara bertransaksi di MarketPlays: How to Buy

Untuk membaca panduan cara menjadi Seller dan berjualan di MarketPlays: How to Sell.

Account


  • Bagaimana cara mendaftar di MarketPlays?

    Pada halaman utama MarketPlays, klik LOG IN / SIGN UP button pada header dan pilih Register Now untuk mendaftar. Selanjutnya anda akan mengisi biodata dan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan. Anda juga bisa mendaftar menggunakan Facebook atau Twitter account.

  • Bagaimana cara mengaktifkan account dan login ke MarketPlays?

    Setelah melakukan registrasi, cek email anda dan klik pada tombol Aktifkan Account dan account anda siap untuk digunakan. Untuk login, pada halaman utama MarketPlays, klik LOG IN / SIGN UP button pada header, masukan Username dan Password anda lalu klik LOG IN.

  • Saya bertransaksi dengan guess checkout, bagaimana cara login akun saya?

    Anda dapat melakukan login dengan menggunakan email terdaftar sebagai username. Sedangkan untuk password dapat ditemukan pada email yang telah dikirimkan oleh MarketPlays.
    Harap segera melakukan perubahan password ketika anda telah berhasil login ke akun anda.

  • Bagaimana bila saya lupa Username atau password account?

    Pada halaman utama MarketPlays, klik LOG IN / SIGN UP button pada header, lalu pilih Forgot Password. Anda akan diminta untuk memasukan email yang anda gunakan ketika mendaftar di MarketPlays. Selanjutnya, anda akan menerima email berisi Username dan Password anda.

  • Bagaimana cara mengganti password?

    Anda harus log in terlebih dahulu sebelum mengganti password. Setelah login, klik drop down menu dan pilih My Account. Pada tab pengaturan akun, anda dapat merubah password dengan klik pada link Change Password. Lalu anda harus memasukan password lama dan password baru yang diinginkan.

  • Bagaimana cara mengubah informasi personal saya?

    Klik drop down menu dan pilih My Account. Pada tab pengaturan akun, anda dapat merubah informasi personal anda dengan klik tombol ubah. Setelah selesai klik save untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

  • Kenapa akun saya terkena suspensi / ban?

    Ban diberikan oleh admin karena user telah melanggar syarat & ketentuan yang berlaku di MarketPlays. Admin akan mengirimkan private message mengenai alasan suspense / ban dengan durasi yang tergantung pada pelanggaran yang dilakukan.

Pembelian


  • Bagaimana saya tahu bahwa uang pembayaran telah diterima atau Seller telah mengirimkan barang?

    Anda dapat mengecek proses transaksi pada Order Status. MarketPlays juga akan mengirimkan email setiap kali terjadi update pada proses transaksi.

  • Bagaimana cara membatalkan transaksi?

    Pembatalan transaksi dapat dilakukan apabila Buyer belum melakukan pembayaran atau pembayaran belum terkonfirmasi oleh sistem MarketPlays. Pembatalan transaksi dapat dilakukan melalui Order Status dan memilih action cancel pada transaksi yang ingin anda batalkan. Apabila uang telah dibayarkan, maka akan dikembalikan melalui Saldo MarketPlays.


  • Bagaimana bila barang yang saya terima cacat/rusak/tidak sesuai dengan informasi yang diberikan?

    Buyer berhak untuk mendapatkan refund dalam waktu 7 hari setelah produk diterima. Buyer dapat menghubungi Contact Us agar proses dapat dibantu oleh customer service MarketPlays.

    Solusi dapat berupa penukaran produk atau pengembalian dana. Buyer menanggung biaya pengiriman produk kembali kepada Seller.

  • Mengapa produk yang dibeli belum saya terima?

    MarketPlays memberikan waktu 3 hari sejak pembayaran dikonfirmasi untuk melakukan pengiriman produk. Ketika produk sudah dikirimkan, anda dapat memonitor status pengiriman melalui nomor resi yang telah dikirimkan melalui email.

    Produk pre-order akan mendapatkan penambahan waktu di luar batas waktu 3 hari yang diberikan leh MarketPlays. Durasi penambahan waktu sesuai dengan waktu pre-order yang telah ditentukan oleh Seller.

    Apabila setelah 10 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran, barang belum juga diterima dan status pengiriman tidak dapat dipastikan oleh jasa pengiriman, Buyer berhak untuk menerima penawaran refund yang wajib dikonfirmasi dalam 48 jam.

  • Mengapa transaksi saya dibatalkan?

    Pembatalan otomatis dapat terjadi karena beberapa hal berikut:
    • Anda belum melakukan pembayaran dalam 24 jam setelah melakukan transaksi.
    • Seller melakukan pembatalan transaksi.
    • Seller tidak memasukan nomor resi pengiriman sesuai dengan batas waktu pengiriman yang diberikan.
    • Admin membatalkan transaksi atas permintaan Buyer atau Seller.

Berjualan


  • Bagaimana cara membuka store di MarketPlays?

    Setelah login, klik drop down menu dan pilih Becoming a Seller. Selanjutnya anda akan mengisi informasi mengenai toko anda serta mengupload KTP dan SIUP/TDP untuk menjadi Verified Seller. Selanjutnya pihak MarketPlays akan mereview toko anda dan mengirimkan email/notifikasi bahwa toko anda sudah dapat diakses.

  • Apa keuntungan menjadi Verified Seller?

    Store anda dapat menjadi Verified Store apabila telah mengupload KTP dan SIUP/TDP, serta memiliki performa penjualan yang memenuhi standar MarketPlays.

    Keuntungan menjadi Verified Seller adalah store akan mendapatkan Verified Seller Icon yang berarti MarketPlays telah menjamin professionalisme bisnis anda serta membedakannya store anda dengan store lainnya. Hal ini meningkatkan kepercayaan Buyer untuk bertransaksi produk anda.

  • Mangapa produk saya di non-aktifkan dan tidak ditemukan pada website MarketPlays?

    MarketPlays sangat menjaga tampilan dan kualitas barang yang ditawarkan. Produk anda di non-aktifkan kemungkinan karena belum memenuhi kriteria kurasi MarketPlays.

    Seller diwajibkan untuk mengikuti panduan yang telah ditetapkan dan disarankan untuk membaca Seller's Handbook dan Seller's Uploading Guide sebelum mengupload produknya.

    MarketPlays juga menawarkan jasa foto produk agar membantu Seller yang produknya belum sesuai dengan standard visual marketPlays.

  • Bagaimana bila Seller tidak bisa menyanggupi permintaan transaksi dan ingin melakukan pembatalan transaksi?

    Seller harus membatalkan transaksi dalam 24 jam setelah pembayaran dikonfirmasi. Untuk membatalkan transaksi, pada My Store pilih List Order, pada transaksi yang anda inginkan pilih action cancel.

    Apabila Seller melakukan pembatalan setelah batas waktu 24 jam, Seller akan dikenakan denda sebesar 5% dari harga produk. Apabila Seller telah melakukan pelanggaran ini sebanyak 3x, maka store tersebut akan di non-aktifkan.

  • Mengapa transaksi saya dibatalkan?

    Pembatalan otomatis dapat terjadi karena beberapa hal berikut:
    • Uang pembayaran tidak diterima oleh pihak MarketPlays 24 jam setelah transaksi terjadi.
    • Buyer melakukan pembatalan transaksi sebelum melakukan pembayaran.
    • Seller tidak memasukan nomor resi pengiriman sesuai dengan batas waktu pengiriman yang diberikan.
    • Admin membatalkan transaksi atas permintaan Buyer atau Seller.

  • Dapatkah saya memperpanjang batas waktu pengiriman barang?

    Untuk mendapatkan perpanjangan batas waktu pengiriman, anda harus mendapatkan persetujuan Buyer terlebih dahulu. Jika anda sudah menghubungi Buyer secara langsung dan disetujui, anda dapat mengirimkan permintaan perpanjangan batas waktu ke email support@marketplays.id

  • Kapan uang hasil transaksi bisa diterima Seller?

    Uang hasil transaksi akan secara otomatis ditambahkan ke Saldo MarketPlays Seller setelah Buyer melakukan konfirmasi penerimaan produk.

    Apabila Buyer tidak melakukan konfirmasi penerimaan produk dalam 72 jam setelah tracking barang menunjukan bahwa barang telah terkirim, sistem akan secara otomatis menyatakan bahwa transaksi telah diterima oleh Buyer.

    Selanjutnya anda dapat melakukan refund saldo ke rekening pribadi anda. Pembayaran refund dilakukan 2x seminggu pada hari Selasa dan Jumat.

  • Bagaimana bila customer tidak puas dengan barang yang diterima?

    Dengan berjualan di MarketPlays, Seller telah setuju untuk memberikan penukaran atau pengembalian produk apabila Buyer tidak puas dengan produk yang diterima dalam 7 hari sejak penerimaan produk. Seluruh biaya pengiriman kembali merupakan tanggung jawab Buyer.

    Dalam kondisi terjadi pengembalian produk dan pembatalan transaksi, Seller tetap mendapatkan penalty sebesar 5% dari total harga produk tersebut.

Pembayaran


  • Apa saja metode pembayaran di MarketPlays?

    MarketPlays menyediakan transaksi melalui Saldo MarketPlays, transfer bank, credit card, cicilan BCA dan Kredivo.

  • Apa itu Saldo MarketPlays?

    Saldo MarketPlays adalah sistem pembayaran yang dikelola oleh MarketPlays untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan belanja. Saldo MarketPlays dapat di top up untuk melakukan transaksi, atau di refund untuk dicairkan ke rekening pribadi anda.

  • Apa itu Kredivo?

    Kredivo adalah solusi kredit instan yang memberikan kamu kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga atau dengan Cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (bunga 2.95% per bulan dan uang muka 20%). Untuk menggunakan Kredivo anda harus mendaftar terlebih dahulu.

    Bagaimana cara mendaftar Kredivo? Lihat di sini.
    Ingin informasi lebih lengkap tentang Kredivo? Lihat di sini.

Pertanyaan


Memiliki pertanyaan yang belum tersedia pada halaman FAQ ini?

Hubungi MarketPlays melalui live chat pada kanan bawah layar anda, atau hubungi kami di sini.
MarketPlays

Pencarian Terpopuler

  • Leather Goods Indonesia
  • Produk Kulit Lokal
  • Selvedge Denim Indonesia
  • Indigo Dye
  • Kerajinan Kayu
  • Raw Denim
  • Natural Dye Indonesia
  • Jam Tangan Kayu

MarketPlays

  • Tentang MarketPlays
  • Liputan Media
  • Karir
  • B2B

Bantuan Pengguna

  • Hubungi Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Aturan Penggunaan
  • FAQ

Panduan Pengguna

  • Berjualan di MarketPlays
  • Jasa Foto Produk
  • Cara Membeli
  • Cara Berjualan

Social Media

  • MarketPlays Indonesia
  • @marketplays.id
  • Shopatmarketplays
  • Marketplays.id
Metode pembayaran :
© 2019 Marketplays, All rights reserved