Seller's Agreement

Seller Agreement Berikut ini adalah peraturan – peraturan yang wajib dilakukan oleh User ketika membuka store. Dengan menggunakan fitur become a seller, Seller dianggap telah membaca, mengerti dan setuju tentang semua kebijakan yang tercantum pada perjanjian ini, serta terikat kesepakatan yang sah dibawah hukum Indonesia antara Seller dan MarketPlays.

Bila Seller tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh peraturan di bawah ini maka Seller tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan store lebih lanjut. Pelanggaran terhadap syarat & ketentuan akan ditindak berdasarkan kebijakan MarketPlays, hukum Indonesia, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Pihak MarketPlays berhak merevisi peraturan ini sewaktu-waktu dan User dianggap mengetahui, mengerti dan setuju terhadap perubahan yang ada setelah adanya pemberitahuan atau publikasi oleh pihak MarketPlays melalui platform atau media publikasi lainnya.

1Kriteria produk
1.1Sebelum membuka toko, Seller diwajibkan membaca Sellers’ Handbook yang telah disiapkan oleh MarketPlays.
1.2Produk yang akan dijual tidak boleh termasuk dalam jenis produk yang dilarang oleh pihak MarketPlays yang tercantum pada Syarat & Ketentuan.
1.3Produk yang akan dijual juga tidak boleh melanggar hak cipta dan potensi yang dapat menimbulkan pelanggaran hukum.
1.4Seller hanya diperbolehkan untuk menjual produk baru.
1.5Produk yang dijual harus dalam keadaan bersih, baru, masih tersegel (bila diperlukan), memiliki tempat (kotak) original, dapat berfungsi dengan baik dan tidak kehilangan salah satu komponennya. Bila salah satu point di atas tidak dapat dipenuhi, produk tidak boleh diperjual-belikan.


2Upload Produk
2.1Produk yang diupload harus mengikuti ketentuan pada Seller's Uploading Guide. MarketPlays berhak me-non aktifkan produk Seller apabila tidak mengikui kebijakan tersebut.


3Transaksi dan Kebijakan Toko
3.1Seller diperbolehkan untuk menolak atau membatalkan transaksi apabila dia tidak dapat memenuhi permintaan transaksi.
3.2Ketidak akuratan informasi pengiriman produk (nama, alamat, nomor telepon) yang diakibatkan oleh kelalaian Seller yang menyebabkan produk tidak terkirim ke pihak yang bersangkutan merupakan tanggung jawab Seller sepenuhnya.
3.3Seller disarankan untuk menulis item description dan refund / return policy. Item description berisi keterangan detail tentang produk yang dijual. Sedangkan refund / return policy mengatur kebijakan Seller tentang pengembalian atau pembatalan transaksi yang dikarenakan karena ketidak puasan Buyer.
3.4Seller yang tidak memiliki refund / return policy akan secara otomatis mengikuti Terms & Condition MarketPlays poin 9.4.


4Pengiriman produk
4.1Buyer dan Seller memahami dan mengerti bahwa MarketPlays telah berusaha sebaik mungkin untuk memberikan informasi tarif pengiriman estimasi durasi pengiriman produk berdasarkan lokasi Buyer dan Seller, namun kami tidak menjamin keakuratan data tersebut dengan data yang ada pada cabang setempat.
4.2Apabila harga pengiriman produk tidak sesuai dengan hasil kalkulasi di website, seller wajib memberi tahu hal ini kepada pihak MarketPlays untuk diproses lebih lanjut.
4.3Seller wajib melakukan pengecekan dan memastikan produk dalam keadaan baik dan bersih sebelum dikirim. Pastikan tidak ada cacat, semua bagian produk tidak ada yang hilang dan dapat berfungsi dengan baik.
4.4Agar aman dan tidak rusak atau hilang selama proses pengiriman, produk harus dilindungi dengan menggunakan bubble wrap, potongan kertas / koran, busa atau gabus.
4.5Pengiriman produk harus menggunakan container yang sesuai dengan jenis produk dan sulit untuk dibuka. Contoh: amplop, kotak kardus.
4.6Seller disarankan untuk menyertakan ucapan terima kasih atau katalog untuk membangun kesan baik terhadap brand dan toko anda.
4.7Seller diwajibkan untuk menggunakan jasa pengiriman JNE dan paket pengiriman yang telah dipilih oleh Buyer melalui website MarketPlays.
4.8Pihak MarketPlays tidak akan mengganti perbedaan biaya pengiriman produk selain menggunakan jasa pengiriman JNE yang telah dipilih oleh Buyer.
4.9Seller wajib menyimpan bukti pengiriman produk dan memasukan kode resi pengiriman di transaction page sehingga pihak MarketPlays dan Buyer mengetahui bahwa produk sudah dikirim. Bila Seller tidak menyertakan kode resi pengiriman dalam 72 jam hari kerja setelah konfirmasi pembayaran, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.


5Permasalahan Dalam Transaksi dan Tanggung Jawab
5.1Seller wajib melakukan pengecekan kepada pihak jasa pengiriman produk apabila produk belum diterima dalam 7 hari kerja terhitung setelah penyertaan kode resi pengiriman di website MarketPlays.
5.2Apabila produk yang telah dibeli tidak diterima oleh Buyer atau bukti tracking produk tidak menunjukan bahwa produk telah diterima Buyer dalam 10 hari kerja setelah konfirmasi pengiriman produk, Buyer akan ditawarkan untuk melakukan refund dan pembatalan transaksi. Apabila penawaran tersebut tidak direspon oleh Buyer dalam 48 jam, produk akan dianggap telah diterima oleh Buyer dan transaksi akan dianggap berhasil.
5.3Seller wajib bertanggung jawab apabila buyer mendapati produknya tidak sesuai dengan deskripsi, rusak atau hilang. Apabila kebijakan pengembalian atau refund tidak tersedia, Seller akan mengikuti kebijakan refund dan pengembalian produk MarketPlays yang tercantum pada Terms & Condition MarketPlays poin 9.4.
5.4MarketPlays berhak mengambil keputusan atas permasalahan transaksi yang terjadi antara Seller dan Buyer yang diakibatkan oleh tidak adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Keputusan yang diberikan oleh MarketPlays adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat yang didasarkan oleh bukti-bukti yang telah kami analisa dengan hati-hati. Keputusan ini bersifat mengikat dan ketidak mampuan Buyer atau Seller mentaati keputusan tersebut berakibat pada pelanggaran Terms & Condition MarketPlays.
5.5Apabila terjadi kesepakatan antara buyer dan Seller untuk melakukan refund, Seller harus menghubungi pihak MarketPlays dan menyerahkan Refund Request Form yang telah diisi dan ditanda tangani oleh Seller. Refund hanya berlaku apabila proses transaksi masih berjalan atau belum selesai.


6Pembayaran
6.1MarketPlays bertindak sebagai pihak perantara pembayaran antara Buyer dan Seller. MarketPlays menyipan uang pembayaran sampai proses transaksi selesai dan kemudian memindahkan pembayaran yang telah dikurangi oleh komisi kepada Seller melalui top up Saldo MarketPlays.
6.2Uang pembayaran akan dipindahkan dari rekening MarketPlays ke Saldo MarketPlays Seller setelah:
5.2.1Buyer telah mengkonfirmasi bahwa produk telah diterima.
5.2.224 jam setelah tracking produk telah menyatakan bahwa produk telah diterima.
5.2.3Apabila setelah 12 hari kerja terhitung dari saat tracking ID disertakan, Buyer tidak mengkonfirmasi penawaran refund.
6.3Seller mengetahui dan menyutujui bahwa pajak penghasilan Seller akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh Seller sesuai dengan peraturan, hukum dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Segala bentuk akibat yang disebabkan oleh karena kelalaian seller untuk mematuhi peraturan perundang-undangan, bukan merupakan tanggung jawab dari MarketPlays.


7Penarikan Dana
7.1User berhak mencairkan dana di Saldo MarketPlays, uang akan di transfer ke bank account User dalam waktu maksimal 3 hari kerja setelah klaim pencairan dana dilakukan. Keterlambatan yang diakibatkan oleh proses bank bukanlah tanggung jawab MarketPlays.
7.2User hanya dapat melakukan request pencairan dana Saldo MarketPlays sekali dalam sehari dengan penarikan minimum IDR 50,000.
7.3Pencairan dana tidak dikenakan biaya, kecuali untuk pencairan dana ke bank BRI untuk cabang yang berada di luar Jabodetabek.
7.4Pihak MarketPlays memiliki kewenangan untuk menahan uang pembayaran ke dalam rekening MarketPlays sampai proses transaksi selesai (Buyer memberikan konfirmasi bahwa produk sudah diterima). Dalam situasi terjadi permasalahan di dalam proses transaksi, uang pembayaran akan ditahan oleh pihak MarketPlays sampai permasalahan telah diselesaikan.
7.5Pihak MarketPlays memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo MarketPlays apabila adanya dugaan kecurangan atau pelanggaran terhadap syarat & ketentuan atau hukum yang berlaku di Republik Indonesia.


8Komisi
8.1Komisi dibebankan kepada Seller dan akan dibayarkan secara otomatis ketika uang pembayaran diberikan kepada Seller melalui Saldo MarketPlays.
6.2Setiap penjualan produk di MarketPlays akan dikenakan komisi sebesar 10%.


9Jenis produk
9.1Produk yang dapat dijual di MarketPlays harus merupakan salah satu dari jenis produk di bawah ini:
9.1.1Produk kulit (Leather Goods).
9.1.2Produk perawatan leather.
9.1.3Produk denim & jeans.
9.1.4Shirt, t-shirt, tas, sepatu dan aksesoris fashion.
9.1.5Produk dekorasi rumah.
9.1.6Peralatan tulis dan buku.
9.1.7Aksesoris gadget.
9.1.8Coffee beans, tumbler dan aksesoris kopi.
9.1.9Funko, LEGO dan mainan koleksi.
9.2Produk tidak diperbolehkan untuk dijual di MarketPlays apabila mengandung salah satu unsur di bawah ini:
9.2.1Tidak original, KW, imitasi atau bekas dan bertentangan dengan undang-undang hak cipta..
9.2.2Produk yang sudah melewati masa kadaluarsa.
9.2.3Iklan.
9.2.4Produk yang menyangkut virtual item di MarketPlays.
9.2.5Produk yang melanggar peraturan pengiriman produk JNE.
9.2.4Produk yang melanggar peraturan dan hukum Indonesia.


10Review
10.1Seller diwajibkan untuk menulis review secara objective dan jujur setelah transaksi telah selesai.
10.2Pemalsuan review dengan menggunakan account lain yang ditujukan untuk menaikan rating Seller dan toko adalah dilarang dan akan ditindak secara tegas.


Last update: 25 February 2016