2016-09-22 17:17:27

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Apa Itu Keramik?: Pengetahuan Umum, Proses Pembuatan & Definisi



Credits: Beberapa Karya dari Hello RAT


Mungkin tanpa kalian sadari sebenarnya produk-produk keramik sudah tersebar luas dan juga merambah ke dalam gaya hidup manusia sehari-hari, seperti produk keramik gelas, piring, vas bunga, guci, marble, dan lainnya.

Walaupun sudah banyak produk keramik pada kehidupan seharian kita, pada nyatanya masih banyak orang belum memahami arti kata dari keramik itu sendiri dan manfaat dari kegunaan kerajinan keramik.


Awal mula kata keramik



Pada awal mulanya kata keramik berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu ”keramos” yang berarti tanah liat atau keramikos yang artinya benda-benda yang terbuat dari tanah liat dan dibakar serta mengeras oleh api; istilah-istilah ini biasanya umum digunakan untuk studi seni dari pottery atau tembikar. Karena pada mulanya benda yang dibuat pertama kali oleh manusia dengan tanah liat berupa piring, kendi, guci, tempayan, dan lainnya, dan itu semua terhubung dengan seni pottery.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, pengertian keramik pun juga berubah dan semakin luas. Menurut Balai Besar Keramik Bandung, definisi keramik adalah sebagai berikut: ”Keramik adalah produk yang terbuat dari bahan galian anorganik non - logam yang telah mengalami proses panas yang tinggi. Dan bahan jadinya mempunyai struktur kristalin dan non-kristalin atau campuran dari padanya”.

Kemudian untuk definisi pengertian yang lebih luas dan umum adalah “bahan-bahan yang dibakar dengan suhu tinggi”, termasuk didalamnya ialah semen, gibs, dan lain sebagainya. Karena hal itulah sebutan keramik menjadi lebih bervarians seperti gerabah, tembikar, mayolika, keramik putih, terracotta, porselin, keramik batu (stoneware), dan benda tanah liat lainnya.


Keramik dan Para Pengrajin Keramik


Credits: thejamesonworks.com


Dengan banyaknya variasi pengertian dari keramik, maka cabang-cabang dari keramik pun bermunculan sehingga munculah istilah seni keramik yang artinya seni untuk mengubah tanah liat dengan melalui proses pembakaran dan pengerasan sehingga berubah menjadi benda yang memiliki nilai seni. Pengrajin keramik adalah orang-orang yang profesinya bekerja untuk merancang dan membuat produk keramik, menjadi produk yang dapat digunakan sebagai produk untuk kehidupan sehari-hari.


Proses pembuatan keramik


Credits: chrislewisceramics.com


Dalam pembuatan keramik ada 5 proses tahapan yang perlu dilalui, yaitu:

1. Pengolahan bahan adalah tahapan dimana pengrajin keramik akan mencampurkan bahan tanah liat dengan material lainnya dan juga air, untuk membuat benda yang sesuai dengan keinginan si pengrajin.

2. Pembentukan adalah proses membentuk bahan tanah liat menjadi suatu benda yang dikehendaki. Dalam proses ini ada 3 metode yang dapat digunakan, yaitu: handbuilding atau dengan tangan, pembentukan dengan tehnik putar dimana diperlukan meja yang memiliki kepala putaran lalu dibentuk dengan tangan, terakhir setelah itu pembentukan dengan tehnik cetak.

3. Pengeringan adalah proses dimana material air di dalam keramik akan hilang atau menguap secara perlahan-lahan sehingga tanah liat tersebut akan menyusut dan menjadi kering.

4. Pembakaran adalah proses mengubah tanah liat yang rapuh menjadi benda padat, keras dan kuat. Selama pembakaran, badan keramik akan mengalami beberapa reaksi-reaksi penting, hilang/muncul fase-fase mineral, dan hilang berat (weight loss).

5. Pengglasiran merupakan tahapan terakhir dari pembuatan keramik, setelah keramik selesai melalui proses pembakaran, benda keramik akan dilapisi glasir dengan cara dicelup, dituang, disemprot atau dikuas. Tujuan dari pengglasiran ini ialah untuk membuat keramik tersebut menjadi kedap air dan terlihat indah.


Sekian untuk artikel mengenai pengetahuan umum keramik ini, dan semoga kalian semua kini mengert lebih baiki mengenai definisi keramik, dan juga proses pembuatannya.


Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
leather, bifold, dompet, kulit Trivoid Bifold Wallet
leather, bifold, dompet, kulit

Rp 249.000,-

Aksesoris, Anting, Handmade Virathi
aksesoris, anting, handmade

By: Rumme
Rp 145.000,-

Signature Gold Signature Multi-Purpose Case
signature gold

Rp 199.000,-

binder, book notes, leather Leather Book Binder
binder, book notes, leather

Rp 375.000,-

Tulis Komentar