2017-01-08 20:12:29

ivanjohn

Content Hero

Reputasi

23

Followers

15

Following

18

Store

Apa Itu Shibori?: Definisi, dan Proses Pembuatan



Apa itu Shibori?
Shibori merupakan kesenian dari Jepang, dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna. Dasarnya pembuatan Shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna. Sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan ‘dilindungi’.

Pada pembuatan Shibori, ‘perlindungan’ pada kain dilakukan menggunakan teknik seperti melipat, melilit dan mengikat kain dan mencelupkannya pada pewarna, biasanya indigo. Bahan yang digunakan untuk mengikat kain tersebut akan menahan pewarna, sehingga daerah kain di bawahnya tidak akan berubah warna. Dengan metode seperti ini, tidak ada batasan pola yang dapat diciptakan, menjadikan setiap kain Shibori unik dari yang lainnya.


PROSES PEMBUATAN SHIBORI
Mulai dengan mencampurkan bahan pewarna atau indigo dye dengan air. Kemudian mulai melipat kain sesuai dengan pola yang diinginkan. Tali, karet atau balok kayu dapat digunakan sebagai ‘pelindung’ kain dari bahan pewarna. Kemudian basahkan kain dengan cara memasukan ke dalam air dan remas sisa air yang tertinggal.


Source: www.designsponge.com


Kemudian rendam di dalam pewarna, tahan hingga seluruh kain terendam namun tetap berada pada permukaan pewarna. Durasi perendaman akan mempengaruhi warna pada kain. Merendam dalam waktu singkat akan meninggalkan warna dengan garis tipis dan banyak area putih, sedangkan waktu yang lebih lama akan memberikan warna yang lebih gelap dan terserap atau bleeding ke daerah putih kain. 10 Menit merupakan waktu yang cukup untuk memberikan hasil yang baik.


Source: www.designsponge.com


Setelah itu angkat kain dan biarkan mengering oleh udara untuk beberapa saat, hal ini akan membuat pewarna mengoksidasi dan mengeluarkan warna yang diinginkan. Lalu, lepaskan segala karet, tali atau hal-hal lain untuk membuat pola dan bilas dengan air, serta jemur hingga kering.


BEBERAPA JENIS POLA SHIBORI

Square Accordion Fold

Source: www.designsponge.com


Triangle Accordion Fold

Source: www.designsponge.com

Fan Fold

Source: www.designsponge.com

Rings

Source: www.designsponge.com






Source: www.designsponge.com, www.coolhunting.com
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
dompet kulit vegetable tanned MOPANGGA 2051 Money Clip Leather Wallet
dompet kulit vegetable tanned

By: FOTRE
Rp 455.000,-

12 Oz Selvedge Denim Yukon Town
12 oz selvedge denim

Rp 720.000,-

Sepatu wanita,sepatu casual SARI Flat Leather
sepatu wanita,sepatu casual

Rp 200.000,-

paul messanger bag unisex Paul Aksesories - MESSANGER LEATHER BAG
paul messanger bag unisex

Rp 1.400.000,-

Tulis Komentar