2017-05-15 12:47:49

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Bermacam Jenis Kayu Lokal Unik Asal Indonesia Untuk Kerajinan Kayu



Menyandang julukan Zamrud Khatulistiwa, tidak heran jika Indonesia kaya akan kayu lokal yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga dan aneka kerajinan kayu. Hutan-hutan yang ada di Indonesia termasuk dalam hutan tropis, yang akhirnya memunculkan banyak sekali varian kayu dengan kualitas super. Menurut database dari Perum Perhutani, pasaran kayu di Indonesia dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kayu jati dan kayu rimba yang bisa dimanfaatkan sebagai berbagai macam produk kayu.

Pada dasarnya setiap jenis kayu yang ada di Indonesia memiliki ciri khasnya dan sifat fisik masing-masing. Kayu lunak (softwood) biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi kertas atau kerajinan tangan yang mudah diolah dan dibentuk, sedangkan kayu keras (hardwood), lebih sering dimanfaatkan sebagai furniture atau rangka bangunan. Baca juga berbagai jenis kayu yang sering digunakan untuk kerajinan produk lokal Indonesia.

Untuk dijadikan kerajinan, kayu lokal sangat diincar oleh banyak sekali pengerajin kayu, baik itu pengrajin lokal maupun mancanegara. Karena sekarang ini makin banyak produk-produk dari olahan kayu yang dibuat oleh para pengrajin kayu Indonesia, artikel kali ini kami akan membahas mengenai berbagai macam jenis kayu lokal yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan karya negara seperti tas, jam tangan, kacamata maupun aksesoris kayu lainnya.


Kayu Jati (Teak Wood)


Weirdo Black Wooden Watch dari Eboni Watch

Bisa dikatakan bahwa kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang paling populer di Indonesia. Dibawa dari Belanda ke Indonesia sekitar tahun 1800, kini pohon jati tumbuh dengan subur di banyak sekali hutan di Indonesia. Kayu jati termasuk dalam kayu keras. Memiliki karakter warna coklat dan serat kayu berwarna coklat gelap yang berjarak antara serat yang satu dengan yang lainnya. Kandungan minyak pada kayu jati membuat jenis kayu ini tahan terhadap rayap, selain itu pori-pori yang kecil membuatnya bisa diaplikasikan finishing dengan sangat halus.

Selain dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga, kayu jati juga sangat cocok diolah menjadi kerajinan dengan cita rasa tinggi.


Kayu Mahoni (Mahogany)


Mahogany Stationery Box dari 189 CRAFT

Di Indonesia, pohon mahoni paling banyak dibudidayakan di Pulau Jawa, kerena memiliki nilai komersial yang tinggi dan masa pertumbuhannya yang relatif lebih cepat dibandingkann dengan kayu sonokeling (rosewood).

Kayu mahoni memiliki beberapa kemiripan dengan kayu Kalimantan jika dilihat sekilas, tapi tentu saja kayu ini memiliki karekteristiknya sendiri. Warna kayu mahoni yang masih berusia muda biasanya berwarna merah muda, sedangkan untuk kayu mahoni yang sudah tua warnya merah kecoklatan atau merah hati. Serat kayu mahoni cenderung lurus dan terpadu. Untuk tekstur, kayu mahoni memiliki tekstur kayu yang halus dan berpori kecil. Kayu mahoni sangat terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan jenis kayu yang mudah untuk dibentuk, sehingga banyak yang menggunakan kayu mahoni untuk membuat furniture maupun handcraft.


Sonokeling (Rosewood)


Sonokeling Jewelry Box dari KUSIMA

Jenis kayu ini sangat terkenal di Indonesia dan menjadi primadona di Pulau Jawa dan merupakan jenis kayu yang tumbuh di daerah tropis, berbeda dengan Mahoni, Pohon sonokeling memiliki masa pertumbuhan yang lebih lama, sehingga membuat harga jual dari kayu ini sedikit lebih mahal.
Kayu sonokeling memiliki tingkat keawatan dan kekuatan yang sangat tinggi, selain itu tekstur dan serat kayunya pun sangat khas, pada guratan seratnya terdapat warna ungu kecoklatan atau hitam keungan, membuat kayu ini terlihat sangat eksotis. Dengan keunikan dan kelebihan itu, kayu sonokeling kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture, namun belakangan ini sonokeling mulai dilirik untuk dioleh menjadi berbagai macam kerajinan seperti kacamata maupun jam tangan.


Kayu Nangka


Jackfruit Wood Sunglasses dari Shoparaga

Jenis kayu ini merupakan salah satu jenis kayu yang juga bagus jika dijadikan furniture dan kerajinan tangan. Kayu Nangka yang paling baik kualitasnya adalah kayu nangka yang berasal dari pohon yang sudah tua, karena pada bagian galih (tengah) pohon akan berwarna sangat kuning. Salah satu kelebihan dari kayu nangka adalah, walaupun pohon nangka tersebut sudah mati dan sudah bertahun–tahun tidak ditebang, warna kayunya tidak akan berubah.

Karakteristik dari kayu nangka yang lain adalah, kayunya tidak mudah diserang rayap dan kuat. Seratnya sangat menarik dan warnanya yang kuning menyala menjadi daya tarik tersenidiri. Jika sudah diolah dan sudah diberi satin, seratnya akan terlihat sangat mengkilap.


Kayu Kelapa


Coconut Wood Cutlery dari Nom Living

Apakah pohon yang paling serba guna diantara jenis pohon lainnya? Jawabannya adalah pohon kelapa. Bukan rahasia lagi jika semua bagian dari pohon kelapa bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi banyak hal, tidak terkecuali juga dengan batang pohonnya. Selain sonokeling, kayu kelapa sangat bisa digolongkan sebagai kayu yang eksotik yang ada di Indonesia. Tekstur dan serat yang unik, warna coklat tua dan coklat muda yang sangat kontras membentuk garis garis panjang pendek hingga membentuk pola yang cantik. Serat berwarna gelap dan terangnya pun sangat kontras dan indah.

Awalnya kayu kepala hanya digunakan sebagai tiang-tiang bangunan saja, namun kini kayu kelapa mulai dijadikan bahan baku utama untuk membuat aksesoris dari kayu dan bahkan juga kitchenware.





Source:
- Material Kayu
- Kayu Bundar
- Mengenal Jenis Jenis Kayu
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
Bifold Wallet Krava II bifold wallet Black
bifold wallet

Rp 525.000,-

Leather Shoes, Formal Shoes Nappa Milano Blake Ribbon Black
leather shoes, formal shoes

Rp 749.000,-

iPhone 7 Leather Case  FLOOX -COMMA iPhone 7 Leather Case Black
iphone 7 leather case

By: Floox
Rp 299.000,-

clutch, pouch, cavcraft canvas pouch zipper clutch kece
clutch, pouch, cavcraft

Rp 85.000,-

Tulis Komentar