2017-06-14 15:40:41

Maika

Newcomer

Reputasi

1

Followers

2

Following

0

Store

Cara Membersihkan/Menjaga Sepatu Kanvas & Sneakers, Putih atau Berwarna




Salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh anda yang memilih gaya kasual dalam kegiatan sehari-hari adalah sapatu kanvas. Selain karena tren yang sedang berkembang, sepatu kanvas sangat nyaman digunakan dan sangat tahan lama. Jika dibandingkan dengan sepatu dari bahan lainnya, sepatu kanvas relatif lebih mudah dibersihkan serta dirawat. Meskipun demikian, tetap saja anda harus melakukan perawatan agar sepatu kanvas kesayangan anda tetap terlihat bagus.


Apa Itu Sepatu Kanvas?


Sebelumnya, anda perlu untuk mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu sepatu kanvas. Pada dasarnya sepatu kanvas terbuat dari kain yang memiliki serat besar dan kecil seperti kain kanvas terpal, kain kanvas WP, atau kain kanvas SR-10 yang kemudian dikombinasikan dengan karet untuk bahan sol sepatu. Karena menggunakan kain yang memiliki serat besar, maka sepatu kanvas memiliki sirkulasi udara yang cukup baik untuk menghalau bau kaki namun sepatu kanvas juga sangat mudah untuk menyerap air.


Cara Menghilangkan Kotoran Pada Sepatu Kanvas


Menggunakan sepatu kanvas sama rasanya seperti menggunakan baju pada kaki kita, tidak jarang baju yang tengah kita gunakan terkena noda yang membuat kita panik sesaat, begitu pula dengan sepatu kanvas. Karena nyaman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sering kali tanpa kita sadari sepatu kanvas kita terkena noda lumpur.

Jika kebetulan lumpur yang menempel tidak banyak, anda cukup membersihkannya dengan tisu basah. Tapi, kalau lumpurnya cukup banyak, ada baiknya jika anda menunggu lumpur tersebut kering, kemudian setelah kering anda bisa tepuk-tepukan di lantai hingga lumpur tersebut rontok. Untuk sepatu kanvas berwarna putih, sebisa mungkin jangan langsung dicuci menggunakan air jika terkena noda lumpur, bersihkan dengan kain kering saja terlebih dahulu dan tunggu hingga kering sebelum menepuknya,


Gunakan Air, Sikat dan Sabun


Produk dan Alat Pembersih Sepatu Kanvas/Sneakers dari KANS

Pada bagian luar sepatu, anda cukup membilasnya dengan air yang sudah dicampur dengan sabun atau diterjen/sabun cuci baju, kemudian disikat dengan menggunakan sikat gigi atau sikat berbulu nilon. Pastikan anda menggunakan air hangat ketika membilas sepatu anda, barulah ketika anda sudah selesai menyikatnya, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin.


Air, Sikat dan Baking Soda


Bagian dalam pada sepatu sering kali luput dari perhatian kita, padahal area tersebut lebih banyak menyimpan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan bau kaki. Untuk membersihkan bagian dalam sepatu kanvas, anda cukup melakukan langkah yang sama seperti membersihkan bagian luar. Namun, kali ini ganti air sabun/diterjen anda dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Kenapa baking soda? Karena baking soda lebih efektif membersihkan kotoran dan mampu menghilangkan bau kaki, selain itu baking soda jg bisa mengangkat sisa sabun. Gunakan air dingin ketika membilas.


Hindari Sabun yang Mengandung Pemutih


Pembersih Sneakers dari KANS

Banyaknya sepatu kanvas dengan warna-warna cerah seperti warna biru, kuning, magenta dan lain sebagainya tentunya membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan sepatu kanvas berwarna putih. Untuk membersihkan sepatu kanvas berwarna yang anda miliki, sebisa mungkin hindari menggunakan sabun atau diterjen yang mengandung pemutih karena dapat memudarkan warna yang ada.


Gunakan Formula Khusus untuk Sepatu Kanvas


Sneakers Essentials dari KANS

Jika khawatir salah dan ingin yang sudah terbukti dapat membersihkan atau memutihkan sepatu kanvas, gunakan formula yang sudah di-tes dan digunakan sehari-hari oleh shoe laundry. Salah satunya yang dapat anda coba adalah produknya KANS[/ref], yang sudah mempunyai shoe laundry mereka sendiri di Jakarta dan Jogja. Harganya terjangkau, dan cara pemakaiannya juga anda dapatkan pada saat membeli produk tersebut, dan anda juga dapat bertanya langsung kepada sellernya langsung di sini.


Mengeringkan Sepatu Kanvas


Untuk mengeringkan sepatu kanvas anda memerlukan kertas coklat atau kertas handuk dan kain bersih yang tebal. Fungsi dari kain bersih tebal adalah untuk membantu proses pengeringan pada sepatu anda karena kain tersebut akan menyerap air yang ada di bagian dalam. Sedangkan fungsi dari kertas coklat atau kertas handuk adalah untuk membungkus sepatu dan juga untuk membantu menyerap air dengan lebih cepat. Jangan menggunakan kertas koran karena tinta pada kertas tersebut dapat luntur dan mengotori sepatu anda.

Setelah sepatu kanvas anda kering, jangan buru-buru menyimpannya. Anda masih perlu melakukan langkah terakhir untuk membuat sepatu anda benar-benar kering. Caranya cukup mudah kok, anda hanya perlu mengangin-anginkannya saja. Hindari menjemur sepatu kanvas di bawah terik sinar matahari karena akan membuat warna pada sepatu cepat memudar, dan hindari pula mengeringkan sepatu di dekat perapian karena akan membuat lem pada sepatu cepat lepas.


Jangan Menggunakan Mesin Cuci


Beberapa orang kadang memilih untuk membersihkan sepatu kanvas dengan menggunakan mesin cuci. Ini adalah cara yang salah dan perlu anda hindari, karena sepatu kanvas yang dicuci menggunakan mesin cuci akan sangat mudah rusak dan rapuh. Lebih baik anda menggunakan beberapa tips sederhana yang sudah diberitahukan di atas, atau membawa sepatu kanvas favorit anda ke shoe laundry atau pencucian sepatu terdekat.





Source:
- Tips & Tricks for Canvas Shoe Care
- 5 Kelebihan Sepatu Kanvas
- Cara Merawat Sepatu Putih Kanvas
- How to Clean Shoes Without Shoe Cleaner
- How to Clean Canvas Shoes
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
Jaket Parka, Parka, Parka Navy Manhattan Parka
jaket parka, parka, parka navy

Rp 355.000,-

Gelang kulit Durante Brown
gelang kulit

Rp 249.000,-

kaos, t-shrit, denim Iron Cat
kaos, t-shrit, denim

Rp 125.000,-

Tas Full Bulu Kambing Asli Melannie 04 Tas Full Bulu Kambing Asli
tas full bulu kambing asli

Rp 1.200.000,-

Tulis Komentar