2017-03-31 13:54:10

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Craftsmanship Talks: Binzu, Mimpi dan Aspirasi Dalam Natural Indigo Dye


 
Merupakan sebuah ekspresi dari passion, aspirasi, dan mimpi, Binzu adalah salah satu brand natural dyed goods yang membuat shibori dan batik dengan pattern khas. Setiap produknya memiliki warna yang kaya dan mengekspresikan youth, membuat produk natural dyed Binzu cocok untuk dipadukan dengan beragam style atau busana seharian anda.

Kali ini, tim MarketPlays berkesempatan untuk dapat mengetahui berbagai insight dan pengetahuan akan brand Binzu, yang pada saat ini sedang berkembang dengan cepat dan pemiliknya pun sibuk menjalankan berbagai workshop di dalam kota maupun luar kota untuk mengajar tentang indigo dye.


1. Bagaimana awal mula Binzu? 


Awal mula Binzu itu adalah dari mimpi yang tertunda. Karena saya dari kecil punya cita-cita untuk menjadi seorang fashion designer atau paling tidak berkecimpung di dunia fashion. Namun, orang tua belum mengizinkan dan mengarahkan saya untuk fokus pada pendidikan yang lebih formal, dan saya akhirnya kuliah dengan jurusan International Business.

Awalnya Binzu, saya hanya produksi scarf menggunakan pewarna sintetis. Tapi setelah saya belajar penggunaan pewarna alami atau natural dye, Binzu berpindah fokus dari sintetis ke natural dye, karena warnanya yang kaya, padat, eco-friendly, dan bisa dibilang lebih enak dipandang mata.

Semenjak itu juga, Binzu tidak hanya produksi scarf tapi outerwear dan bandana juga yang fokus pada teknik buatan tangan atau handmade, seperti batik dan shibori.


2. Mengapa memilih Indigo sebagai warna dominan yang diaplikasikan pada produk Binzu? 


Pewarna alam indigo adalah salah satu pewarna alam yang paling kuat dan tahan lama. Walaupun prosesnya memerlukan waktu yang cukup panjang dan pencelupan berulang-ulang, hasilnya selalu menyenangkan dan memuaskan.

Selain itu, alasannya juga karena salah satu fokus Binzu adalah pattern shibori. Warna Indigo juga adalah salah satu pewarna alami pertama yang ditemui, dan mempunyai hubungan kuat dengan sejarah Jepang, di mana pada saat itu biru dianggap oleh kalangan ”struggle class” sebagai sebuah refleksi dan ekspresi dari laut, yang memiliki dampak kultural dan ekonomis pada hidup mereka.


3. Bagaimana Binzu melihat pattern shibori yang dihasilkan pada setiap produknya?


Pattern shibori yang dihasilkan oleh Binzu selalu berbeda, karena semua dibuat dengan tangan dan untuk melakukannya berulang kali dengan akurasi yang sama sangat susah. Oleh karena itu, setiap produk Binzu memiliki ciri khas masing-masing yang unik dan tidak sama dengan lainnya. Berbagai pattern pada produk Binzu juga dibuat dengan menggunakan teknik jahit tangan.


4. Mengapa Logo Binzu bergambar mata dengan tangan?


Mata dan tangan adalah simbol dari nilai handmade Binzu, di mana mata merepresentasikan bagaimana orang dapat melihat keindahan dari sebuah produk hasil karya buatan tangan. Binzu ingin memperluas cara pandang publik terhadap produk natural dye, agar dapat memperlihatkan keindahannya, dan mengekspresikan seninya.


5. Bagaimana Binzu melihat trend produk indigo dye pada brand lokal sekarang?


Semakin banyak brand lokal yang mempunyai fokus pada natural indigo dye, dan menurut saya ini adalah hal yang baik. Dengan berkembangnya industri natural dye lokal kita ini, lebih banyak juga pilihan produk untuk konsumen, yang meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya produk eco-friendly, dan juga mengapresiasi seni yang ada di balik prosesnya. Para petani yang memproduksi pewarna alami indigo juga dapat hidup dengan lebih baik jika trend positif ini terus berlanjut.


6. Apa punya rencana membuat produk lainnya? Misalnya, home decor atau aksesoris rumah?


Untuk saat ini Binzu tidak akan fokus pada aksesoris rumah atau semacamnya dulu, karena masih ingin berfokus kepada produk apparel, seperti outerwear, atasan, dan berbagai aksesoris seharian. Mungkin untuk kedepannya ada kemungkinan, tapi untuk saat ini Binzu ingin terus bereksplorasi dalam medium natural dyed apparel.


Temukan produk Binzu di MarketPlays.
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
Tas Kulit Wanita Kirana - Slingbag Tas Kulit Asli
tas kulit wanita

Rp 660.000,-

celana panjang, shibori MORI Front Pleated Pants
celana panjang, shibori

Rp 630.000,-

Dompet Kulit Panjang Handmade Dompet Kulit Panjang / Long Wallet
dompet kulit panjang handmade

By: QORN
Rp 300.000,-

 Solid Brass Key Hook
Tulis Komentar