2016-06-02 14:36:54

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

15

Following

3

Field Report: Leathercrafting Basics with Motrap & Co. and Okimoto




Hello semuanya,

Seperti yang kalian mungkin tau, Sabtu kemarin kami berkolaborasi bersama Motrap & Co. dan Okimoto untuk sebuah leathercrafting workshop. Bedanya workshop ini dengan yang sebelumnya dibuat bersama Sekkha? Para peserta belajar juga tentang teknik hand-dyeing dan penggunaan zipper pada sebuah leather good.

Mas Teguh (Motrap & Co) dan Mas Oki (Okimoto) datang ke Treeangelo jam 9 pagi (pagi banget ya?) untuk prepare dan mempersiapkan kulit yang akan digunakan di kelas. Mereka datang duluan sebelum saya malah haha. Pada saat semua persiapan sudah selesai, kelas dimulai pada skitar jam 11:15 dan dibuka dengan sebuah presentasi introduction oleh Mas Teguh dan Mas Oki, dan juga ada craftsmen MarketPlays lainnya yang bantu menjelaskan tentang leather, seperti Mas Indra dari Indowatchstraps.



Usai presentasi, kelas langsung dimulai dengan menandai pola pada kulit. Setelah itu, peserta langsung mulai melakukan proses hand-dyeing, dan mendapatkan berbagai macam pilihan warna menggunakan water-based dye Roapas Batik.



Mungkin kalau kamu sempat melihat foto-foto workshop sebelumnya, kamu akan mengenal yang di foto atas ini haha. Memang ada beberapa peserta yang sudah datang ke workshop sebelumnya, dan datang lagi untuk belajar hal baru dan mempertajam skill leathercrafting mereka.

Sambil menunggu dye-nya kering, para peserta saling ngobrol dan bertanya-tanya juga tentang kulit kepada crafters yang ada di situ (ada Mas Agung juga dari brand Hompimpa). Setelah itu, mereka lanjut ke hand-stitching dan mengintegrasikan zipper pada wallet.




Yang di foto atas juga salah satu peserta dari workshop sebelumnya, dan karena dia sudah tau akan ada hand-dyeing, dia mempersiapkan benang berwarna pink terlebih dahulu dan langsung memilih dye berwarna merah! Jadinya bagus banget loh.



Ini adalah karya dari salah satu peserta workshopnya, yang juga sudah membuat brand leather goods sendiri. Bagus kan? Peserta ini menggunakan dye berwarna hitam, dan juga zipper yang base warnanya hitam.

Workshop berlangsung hingga sore, dan akhirnya para peserta menyelesaikan karya mereka dan menggunakan TOI Brothers Mink Oil untuk membuat warna leather goods mereka lebih tahan lama dan anti-air. Karena Mas Teguh juga kebetulan membawa alat untuk emboss, para peserta juga langsung emboss initial mereka masing-masing pada zipper wallet mereka. Pada akhir acara, walaupun ada beberapa yang mengaku kesusahan dengan kelasnya, tapi semua cukup senang dengan karya mereka dan merasa belajar cukup banyak.

Saya sendiri juga senang melihat hasil akhir para peserta, karena masing-masing zipper wallet memiliki karakteristik tersendiri dengan warna pilihan peserta sendiri, dan juga emboss.

Workshop kali ini tidak kalah ramai dengan yang sebelumnya, dan kami dari MarketPlays harap para peserta belajar banyak dari workshop, dan juga dapat menerapkan ilmunya di rumah :). I thoroughly enjoyed the company of everyone, and the friendly atmosphere!

Thank you once again to everyone of you who came, and we hope to see you at our next workshop collaboration!



Semua foto workshop bisa dilihat di Facebook MarketPlays.
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
SLF - 001 Deathpants Denim
slf - 001

Rp 400.000,-

clutchkulit, dompetkulit Concetta Leather Clutch (Dark Brown)
clutchkulit, dompetkulit

Rp 500.000,-

plain memo books Walf Notes
plain memo books

By: WALF
Rp 69.000,-

Totebag Natural Dye [SAVE30%]Shibori tote bag jendela biru
totebag natural dye

Rp 175.000,- Rp 122.500,-
Tulis Komentar