2017-03-09 17:58:40

ivanjohn

Content Hero

Reputasi

23

Followers

15

Following

18

Store

Membeli Strap/Tali Jam Tangan Kulit Asli yang Tepat Untuk Jam Tangan Anda




Sebuah jam tangan tentu membutuhkan strap yang tidak hanya berfungsi untuk mengikatkan jam tersebut pada pergelangan tangan anda, namun juga menambahkan tampilan dan nilai jual jam itu sendiri. Bagi anda sendiri, strap jam tangan dapat menjadi bagian dari fashion style. Sehingga memiliki beragam jenis dan warna strap jam tangan sudah mulai menjadi trend.

Ada berbagai jenis strap jam tangan yang dapat anda temui, baik yang terbuat dari katun, stainless steel hingga kulit asli. Setiap material memiliki kelebihannya tersendiri, namun strap jam tangan kulit sudah mulai digunakan sejak jaman Perang Dunia I. Dengan karakteristik yang ringan, namun kuat dan mempunyai kesan simple, elegan dan vintage, strap jam tangan kulit semakin populer di era modern ini. Berikut ini adalah beberapa style atau jenis strap jam tangan kulit yang bisa jadi referensi sebelum membeli tali jam tangan yang sesuai dengan style anda.


Stitched Leather Watch Strap

Source: www.watchgecko.com

Tali jam tangan kulit yang paling sederhana adalah dengan menggabungkan dua lapisan kulit yang di lem dan dijahit menjadi satu kesatuan. Hasil jahitan atau stitching ini tidak hanya menjadi struktur yang menjamin kekuatan strap jam tangan, namun juga estetika penampilan strap jam tangan. Bersama dengan bahan material, kualitas stitching menjadi pembeda kualitas strap jam tangan ini. Penggunaan jenis benang, ketebalan dan warna memberikan karakter dan tampilan yang berbeda. Hardware yang digunakan meliputi buckle, clasps, rivets dan keepers dengan ujung strap yang dapat dibentuk menajam, melingkar atau flat.

Indo Watch Strap - mulai dari Rp 280.000
Larch Leather Strap - mulai dari Rp 210.000
Floox - Rp 249.000
Greenhouse - mulai dari Rp 400.000
Chronicle Timepiece - mulai dari Rp 350.000
Goldlunacy - Rp 350.000
KRST Leather - Rp 700.000


NATO Watch Strap

NATO Strap bermula di tahun 1970an oleh tentara Inggris yang kemudian menjadi populer di kalangan para tentara hingga masyarakat luas. Ketika perang dingin berakhir, NATO strap banyak dijual di toko alat-alat militer dan selalu terjual habis.

Fitur utama pada NATO strap adalah penggunaan satu layer kulit saja, di mana kebanyakan tali jam tangan dibuat dari dua layer yang dijahit menjadi satu dan mengharuskan untuk melepaskan spring bar pada kedua sisi jam tangan. Sedangkan NATO strap dapat langsung digunakan tanpa harus melepaskan spring bar tersebut sehingga lebih mudah dan cepat untuk digunakan. NATO strap juga relatif lebih murah dan terlihat sangat cocok dengan jam berukuran kecil.

Baselle - mulai dari Rp 300.000
Monkeycatfish - mulai dari Rp 299.000


ZULU Watch Strap
Source: Popov Leather

Pembuatan Zulu strap terinspirasi dari NATO strap sehingga terdapat banyak kesamaan diantara mereka. Namun secara general, Zulu strap terbuat dari material kulit yang lebih tebal sehingga lebih tahan lama dan kuat, namun sering kali terlalu besar untuk digunakan pada pada sela-sela spring bar jam tangan dan mengharuskan untuk mencopot dan memasang kembali spring bar tersebut. Zulu strap juga memiliki hardware yang lebih besar / tebal dan lebih bundar daripada NATO strap yang memiliki buckle yang lebih kecil / tipis berbentuk kotak. Terakhir, Zulu strap seringkali memiliki lubang dalam konfigurasi 3 atau 5.

Zulu strap diperuntukan bagi jam dengan diameter yang lebih besar sehingga dibuat lebih kuat dan tahan lama, serta nyaman bagi pemakainya.


Aviator / Pilot Watch Strap

Source: www.hamiltonwatch.com

Sesuai dengan namanya, Aviator populer di kalangan angkata udara Jerman pada perang dunia II. Strap ini sangat panjang sehingga pas digunakan di atas jaket pilot mereka, serta penambahan rivets pada bagian bawah untuk mencegah jam tersebut lepas karena manuver di dalam pesawat. Jam tangan mereka sendiri pada saat itu berdiameter lebih dari 55mm agar mudah untuk dilihat pada kondisi yang ekstrim.

Namun saat ini Aviator strap sudah diadaptasi untuk jam tangan dengan diameter yang lebih kecil, namun masih tetap dengan rivets pada bagian bawah yang sekarang hanya menjadi aksesoris penambah estetika saja. Strap ini akan terlihat sangat bagus jika dipadukan dengan chronographs.


BUND Watch Strap

Bund strap diciptakan untuk pilot tentara Jerman di perang dunia II. Karena jam tangan selalu bersentuhan langsung dengan kulit pengguna, dalam kasus terjadi kebakaran maka bahan logam pada jam tangan dapat membuat temperature meningkat sangat tinggi dan membakar kulit. Begitu pula pada altitude tinggi, temperature dapat menurun secara drastis dan membuat kulit yang bersentuhan dengan logam pada jam tangan akan terluka. Oleh karena itu Bund strap menambahkan satu lapisan kulit pada bagian bawah jam tangan dan menghindari kontak langsung antara jam dengan kulit pengguna. Pada jaman itu juga jam tangan tidak terlalu tahan terhadap air, sehingga keringat dapat dengan mudah merusak bagian dalam jam.

Namun Bund strap tidak cocok bagi semua orang, terutama pada iklim tropis atau panas membuat kulit pengguna tidak dapat bernafas dan menjadi berkeringat serta lembab. Bund strap juga kurang cocok bagi mereka yang memiliki pergelangan tangan yang kecil. Namun strap ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki alergi terhadap logam, dan jika pergelangan tangan anda cukup besar akan terlihat sangat bagus dengan pilot watch atau chronograph.

Larch Leather Strap - Rp 260.000


Rally Watch Strap

Sesuai dengan namanya, Rally straps digunakan oleh pembalap yang biasanya mudah dikenali dengan adanya 3 lubang besar atau lebih pada bagian strapnya. Hal ini dikarenakan pada jaman itu mobil balap banyak menggunakan material dengan banyak lubang pada permukaannya untuk mengurangi beban, sehingga mampu melaju dengan lebih cepat. Agar terlihat konsisten, sarung tangan dan strap jam tangan racing mengikuti prosedur ini. Beberapa orang juga mengatakan bahwa lubang pada strap jam tangan ini berfungsi sebagai ventilasi udara kulit si pembalap karena kondisi mobil dengan temperature yang lebih tinggi.

Larch Leather Strap - Rp 250.000


Yang mana model strap jam tangan kulit favorit anda?

Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
 Bless the food, family and love
Dompet kulit, Dompet pria Havana Il Natural
dompet kulit, dompet pria

Rp 475.000,-

Executive Casual Shoes  Century Wing-Tip Shoes (Brown)
executive casual shoes

By: Dalphen
Rp 890.000,-

Kaos Jepang, Kaos, T-Shirt Paradise T-Shirt, Kaos, Kaos Jepang
kaos jepang, kaos, t-shirt

Rp 90.000,-

Tulis Komentar