2016-02-29 18:15:37

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Menentukan Kualitas Dari Denim Jeans




Faktor apa saja yang mempengaruhi harga jeans?

Kualitas kain (fabric):
Upland Cotton:
Katun yang paling sering digunakan. Kalau ada jeans bertuliskan “100% cotton”, kemungkinan besar yang dimaksud adalah 100% upland cotton.

Pima Cotton:
Salah satu bahan yang paling tahan lama, memiliki daya serap tinggi, namun tetap berasa ringan. Pilihan populer untuk seprai mewah, kaos oblong, dan beberapa produsen denim.

Zimbabwean Cotton:
Salah satu katun yang paling lama digunakan di dunia dan juga salah satu yang paling langka. Hanya ditumbuhkan oleh beberapa petani di Afrika Selatan dan hanya dipanen dengan tangan. Katun ini digunakan oleh beberapa brand terkenal seperti Momotaro dan IronHeart.

Berat (weight)
- Lightweight Denim: Di bawah 12 oz.
- Midweight Denim: Di antara 12 dan 16 oz.
- Heavyweight Denim: Di atas 16 oz.

Angka-angka ini menunjukkan berat satu yar/yard kain yang digunakan. Denim yang lebih ringan biasanya lebih murah tetapi memiliki daya tahan yang kurang baik, dan sebaliknya untuk denim yang lebih berat — lebih mahal dan dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama. Jika merasa bingung, mungkin kamu bisa ambil patokan bahwa jeans yang biasa bisa kamu temukan di toko seperti ZARA atau H&M beratnya sekitar 12-14 oz.

Hardware
Kancing, ritssluiting (zipper), rivets, bordir, kantong, dan belt loops — seberapa kuat mereka? Terbuat dari material apa? Tentunya jeans yang menggunakan rivets dari nikel (bahan termurah) harganya akan jauh lebih rendah dibanding yang mempunyai kancing berlapis emas 18-karat.

Wash


Pada dasarnya, semakin “manual” usaha yang diperlukan untuk proses washing, maka harganya akan semakin tinggi. Stone Wash adalah salah satu proses wash yang paling mahal, dimana celana jeans dimasukkan ke mesin cuci besar dan dicuci dengan pumice stones (batu apung) atau batu vulkanik untuk mendapatkan feel yang lebih lembut dan model yang lebih menarik.

Kemudian apabila kamu melihat ada jeans yang mempunyai whiskers (garis-garis hasil dari fade) atau tanda-tanda tertentu yang berbeda pada setiap jeansnya, ini berarti bahwa washnya dilakukan dengan tangan atau manual. Washing dilakukan dengan membuat goresan, lubang, atau mencuci dengan cara tertentu pada setiap jeans tersebut, dan inilah salah satu alasan kenapa jeans itu mungkin berharga mahal. Apalagi jeans dengan tipe “destroyed”, karena ini berarti proses wahing dilakukan dengan memlubangi/menyobek jeans secara manual satu-per-satu.


Apa itu Twill Weave?
Twill Weave adalah pola kompleks yang terdapat pada kain denim, yang disebabkan oleh benang katun biru dan putih yang terjalin dengan baik.



Right Hand Twill (RHT):
Twill Weave ini memiliki alur diagonal dari kiri ke kanan, dan menghasilkan denim yang halus dan rata. Metode RHT lebih banyak digunakan daripada LHT, dan dipopulerkan oleh merk Levi’s.

Left Hand Twill (LHT):
Sebaliknya dengan RHT, LHT memiliki alur diagonal dari kanan ke kiri, yang menghasilkan denim yang sedikit lebih lembut dari RHT. Lebih lamanya jeans dengan LHT digunakan, fading yang terjadi akan terlihat lebih fuzzy, dan juga memiliki arah vertikal.



Broken Twill:
Gabungan dari RHT dan LHT. Pertama digunakan oleh brand Wrangler pada tahun 1964, metode Broken Twill membuat pola zig-zag unik.


Bagimana cara termudah untuk membedakan denim berkualitas bagus atau tidak?
- Cek dan rasakan kain yang digunakan untuk jeans tersebut. Apabila lembut dan memiliki kelembaban tertentu, itu berarti bahwa katun yang digunakan berkualitas bagus. Terlepas dari fakta bahwa jeans tersebut raw dan unwashed atau tidak.
- Temukan karakteristik dari kain tersebut, seperti metode Twill Weave yang digunakan, ataupun kualitas unik lainnya. Lebih bagus karakter jeans tersebut, lebih baik juga kualitasnya.
- Untuk hardware carilah yang terbuat dari copper (tembaga), dan juga kantong yang mengikuti kontur dari tubuhmu.


Raw atau washed denim?
Beberapa jeans akan melalui proses wash terlebih dahulu dengan model “destroyed” atau “distressed” pada saat kamu membelinya. Ini berarti bahwa denim tersebut tidak akan stretch (longgar) atau berubah bentuk secara signifikan. Juga tidak akan banyak terkena proses “break-in”. Di sisi lain, raw denim akan memerlukan waktu berbulan-bulan (tergantung preferensi, kadang ada yang bertahun-tahun) untuk benar-benar “break-in” dan mengikuti bentuk tubuhmu. Walaupun memerlukan lebih banyak waktu, pada akhirnya jeans tersebut akan lebih fit dengan bentuk tubuhmu.


Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
Dasi Kupu Kupu Bowtie Python Bow Tie - Dasi Kupu Kupu
dasi kupu kupu bowtie

Rp 200.000,-

Dompet Pria / Wanita Handmade Money Clip Wallet
dompet pria / wanita handmade

By: LowyQ
Rp 1.100.000,-

 Buque Tan

By: MANYK
Rp 220.000,-

Canvas & Leather Clutch Clutch
canvas & leather clutch

By: GIE
Rp 300.000,-

Tulis Komentar
2016-02-29 18:19:30

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

2016-03-06 18:12:08

ivanjohn

Content Hero

Reputasi

23

Followers

15

Following

18

Store

Quote :

Original Post By : Noira


oke sorry klo gua masih ngga ngerti.

Tapi ada yg bisa membedakan jeans harga 1 juta vs 300ribu?
Apa di manual labour buat tampilan warnanya aja dan bahan?
Kenapa bedanya bisa jauh gitu yaa?
2016-03-07 13:45:33

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Quote :

Original Post By : ivanjohn
oke sorry klo gua masih ngga ngerti. Tapi ada yg bisa membedakan jeans harga 1 juta vs 300ribu?
Apa di manual labour buat tampilan warnanya aja dan bahan?
Kenapa bedanya bisa jauh gitu yaa?


Seperti biasa, biasa sih yang paling mahal di biaya "branding". Toh kalau mau keliatan premium, pasti harganya patoknya di atas dong walaupun mungkin prosesnya sendiri ga mahal haha!

Gue ga tau sih, tapi kayak model Nudie gitu gue pernah denger kalau harga aslinya ga seberapa, cuman ya karena sering dipake selebriti aja makanya terkenal.

CMIIW ya kalau ada suhu yang lebih pro
2016-03-07 20:57:24

Reputasi

17

Followers

2

Following

2

Quote :

Original Post By : ivanjohn
oke sorry klo gua masih ngga ngerti. Tapi ada yg bisa membedakan jeans harga 1 juta vs 300ribu?
Apa di manual labour buat tampilan warnanya aja dan bahan?
Kenapa bedanya bisa jauh gitu yaa?

Quote :

Original Post By : Noira
Seperti biasa, biasa sih yang paling mahal di biaya "branding". Toh kalau mau keliatan premium, pasti harganya patoknya di atas dong walaupun mungkin prosesnya sendiri ga mahal haha! Gue ga tau sih, tapi kayak model Nudie gitu gue pernah denger kalau harga aslinya ga seberapa, cuman ya karena sering dipake selebriti aja makanya terkenal. CMIIW ya kalau ada suhu yang lebih pro


sepengetahuan gw sih yang membedakan jeans 1jt (ato bahkan ada yang sampe 4jt++) dgn jeans 300rb itu ada beberapa faktor sih, (meskipun branding juga termasuk ya). ada yang dari faktor bahan (proses shuttle loomsnya kalo yang jadul makan waktu lama, tekstur bahannya, proses pewarnaan benangnya, origin cotton, durability, selvedge dll), faktor filosofi brand, nilai historis brand tsb (ini udah masuk nilai intangible). CMIIW

kalo nudie menang di bahannya yang alus dan fitnya juga oke hehehe....

http://www.heddels.com/2013/06/what-makes-japanese-denim-so-special/
2016-03-10 16:51:25

Soul_G

Newcomer

Reputasi

11

Followers

4

Following

6

Store
wow udah lama gak ke sini jd item-item dan beda.

Btw ngmgin soal brand denim, adakah stereotype2 tertentu dr suatu brand. Misalnya Nudie utk casual wear, Iron Heart utk dipadu sama org2 yg hobi touring with motor gede + tattoo on your body.
Apa simply all denim brand bakal reflected differently tergantung yg make?
2016-03-16 00:02:52

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Quote :

Original Post By : cliffordalexander


Haha iya ya? Soalnya gue denger Nudie salah satu jeans yang overhyped dari temen gue. Ya mirip sih dengan leather menurut gue, ujung-ujungnya proses yang diperlukan untuk produk akhirnya, raw materials, dan juga marketing value .


Quote :

Original Post By : Soul_G


Kalau punya banyak duit beli Momotaro.

Kalau anak Indo pasti belinya Nudie/Ksubi.

Itu sih stereotype yang gue tau LOL.