2016-04-11 17:55:39

Jovian

Newcomer

Reputasi

3

Followers

2

Following

0

Tips Perawatan Sepatu Kulit




Hampir dari setiap barang yang kalian miliki itu membutuhkan perawatan, termasuk salah satunya adalah leather boots. Dibutuhkan lebih dari 30 langkah bagi seorang pengrajin untuk membuat sepasang sepatu kulit yang berkualitas, tetapi anda cukup membutuhkan 3 langkah sederhana untuk merawat sepatu kalian. Dengan merawat sepatu kalian secara rutin, kalian dapat menghindari kerusakan pada kulit yang biasa terjadi pada sebuah sepatu kulit, seperti kulit yang mengering bahkan retak.

Dan perlu kalian ketahui bahwa setiap tipe kulit memilki teknik perawatan yang berbeda. Oil-tanned Leather sangat khas dengan tampilan naturalnya dan tingkat durabilitas yang tinggi, dan smooth-finished leather menawarkan kulit yang tampak lebih halus dan mengkilat, yang menonjolkan kualitas dari kulit tersebut. Sedangkan, suede/roughout leather memiliki tekstur yang beda secara visual. Ketahui jenis kulit dari sepatu kulit anda, dan tipe finishing kulit yang digunakan.



Sebelum kalian memulai untuk melakukan perawatan terhadap sepatu, penting bagi kalian untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kulit di atas, dan kalian juga akan membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan berikut ini:

- Lap bersih
- Sikat sepatu
- Leather Cleaner atau Nubuck/Suede Cleaner (seperti merk Collolite yang bisa didapatkan di PONGS, Ace Hardware, atau mini mart terdekat)
- Natural Boot Oil, All Natural Leather Conditioner, Mink Oil, atau Boot Cream (silahkan cek beberapa seleksi leather care yang ada di MarketPlays)
- Leather Protector/Polish (bisa menggunakan juga pilihan yang ada di MarketPlays, atau merk Kiwi, dan semacamnya)[/i]

Jika kalian sudah mengetahui jenis kulit sepatu kalian dan telah mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, ikuti tiga langkah sederhana ini:


1. CLEAN

Untuk teknik pencucian yang general, kalian dapat menggunakan air hangat, sepotong lap bersih dan sikat sepatu. Untuk teknik pencucian yang lebih dalam, gunakan Leather Cleaner dan usap dengan lap basah lalu biarkan sampai kering.

Untuk suede/roughout leather, gunakan nubuck/suede cleaner, dengan sebuah suede brush. Aplikasikan pada noda di sepatu kalian sesuai dengan keperluan. Untuk noda yang lebih membandel, basahi noda tersebut dengan sedikit air, kemudian gosok dengan lembut. Setelah itu, biarkan sepatu kalian kering, lalu selesaikan dengan suede brush, dan gosok dengan satu arah.

NOTE: Jangan menggunakan leather cleaner pada tipe suede/roughout leather.


2. CONDITION

Conditioning membantu mengawetkan sepatu kalian. Untuk oil-tanned leather, gunakan conditioner seperti natural boot oil, natural leather conditioner, mink oil, atau pilihan leather care yang ada di MarketPlays. Usapkan conditioner untuk sepatu kalian dengan menggunakan tangan, kain halus atau spons. Jangan gunakan conditioner untuk suede/roughout leathers, karena akan merusak karakter dari kulit tersebut.




3. PROTECT

Terakhir, lapisi sepatu kalian dengan leather polish/protector untuk ketahanan lebih kuat terhadap air, kotoran, minyak dan lumpur.


Setelah melakukan tiga proses diatas, pastikan sepatu anda kering dan letakkan sebisa mungkin ditempat yang kering dan jauh dari terik matahari untuk menghindari noda, perubahan warna yang tidak diinginkan, atau menempelnya jamur.

Melalui tips perawatan secara berkala diatas, pastinya sepatu kulit anda akan tetap awet dan tahan lama.
Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
PAUL - PASSPORT CASE LEATHER PAUL - PASSPORT CASE LEATHER
paul - passport case leather

Rp 399.000,-

cardholder, tempat kartu kulit Leather Cardholder Nimble Pudu II
cardholder, tempat kartu kulit

Rp 199.000,-

long wallet. dompet panjang Leather Long Wallet for Man or Woman
long wallet. dompet panjang

Rp 355.000,-

Formal Leather Dress Shoes Heimdall Regent Leather Oxford Black
formal leather dress shoes

Rp 499.000,-

Tulis Komentar