2016-09-21 18:08:33

Noira
mod

Blogging Ninja

Reputasi

42

Followers

17

Following

3

Whiskers, Honeycombs & Ropping Effect Pada Raw Denim




Raw denim adalah bahan denim mentah yang belum diberikan treatment sama sekali. Cara membedakan bahan raw denim dengan bahan yang sudah diberikan treatment adalah dengan melihat karakter bahannya, di mana bahan raw denim cenderung lebih tebal, keras, dan kaya akan warna indigo. Salah satu nilai lebih dari raw denim adalah denim fades/evolution, dimana raw denim akan mengalami perubahan dalam penampilannya seiring pemakaian.

Berbeda dengan pre-washed denim, raw denim akan mengalami pemudaran dan evolusi seiring pemakaian. Pemudaran dan evolusi tersebut akan berbeda pada setiap potong celana karena bergantung dengan bentuk kaki dan aktivitas si pemakai. Untuk mendapatkan denim fades dan evolusi yang khas ini, biasanya para denim enthusiast tidak mencuci raw denim mereka selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun).

Pemudaran dan evolusi denim ini hanya akan terlihat kontras pada beberapa lipatan raw denim. Lipatan tersebut diantaranya adalah Whiskers, Honeycombs, dan Ropping effect.


Whiskers




Whiskers adalah efek pemudaran dan evolusi pada bagian paha bagian atas jeans yang terlipat. Pemudaran dan evolusi whiskers ini biasanya berbentuk pola tertentu yang bergantung pada lipatan yang dihasilkan oleh paha si pemakai jeans.

Semakin loose-fit raw denim yang digunakan, maka bentuk whiskers yang dihasilkan pada umumnya akan lebih besar dan banyak. Dan sebaliknya, apabila fit sebuah raw denim semakin ketat dibagian paha keatas, maka whiskers yang dihasilkan akan berbentuk kecil namun tajam.


Honeycombs





Elsig I 15 Oz Unsanforized Denim by Classylandco


Honeycombs adalah efek pemudaran dan evolusi pada bagian belakang lutut yang berbentuk seperti pattern sarang lebah. Sama halnya dengan whiskers, bentuk honeycombs juga berbeda-beda bergantung dengan kaki si pemakai raw denim.

Honeycombs yang besar dan lebar dapat dihasilkan ketika pemakai raw denim menggunakan celananya dengan fit yang loose seperti straight atau slim-straight. Sebaliknya, honeycombs yang kecil dan rapat bisa didapatkan ketika si pemakai menggunakan raw denim dengan fit yang pas dengan kaki seperti slim.


Ropping Effect




Ropping effect adalah efek pemudaran yang berbentuk seperti tambang atau gelombang pada bagian hem (ujung) sebuah raw denim. Pemudaran dan evolusi pada ropping effect dapat dihasilkan ketika bagian lipatan hem pada sebuah raw denim dijahit dengan menggunakan mesin hem khusus yang esensial seperti Union Special 43200G atau Union Special 35800. Mesin-mesin tersebut merupakan mesin jahit tua yang pada dasarnya digunakan untuk menjahit bagian hem raw denim agar lebih kuat.


Whiskers, honeycombs, dan ropping effect adalah tiga jenis lipatan umum hasil pemudaran dan evolusi raw denim. Di samping tiga tipe tersebut, setiap raw denim dapat menciptakan efek-efek fade lainnya, yang masing-masing juga mempunyai nama dan sebutan sendiri, seperti train tracks, tate + ochi, dan vertical fades.


Share di sosial media:
Rekomendasi Produk
Dompet kulit, Leather Wallet Khael - Dompet Kulit - Leather Wallet
dompet kulit, leather wallet

Rp 176.000,-

leather wallet, dompet kulit Catcher Leather Wallet
leather wallet, dompet kulit

By: Sadeva
Rp 275.000,-

Poster Kayu Hiasan Dinding Taman Paris
poster kayu hiasan dinding

Rp 300.000,-

Dompet Bifold Kulit Dompet Bifold Abstrak 5 / Bifold Wallet
dompet bifold kulit

By: SUGEH
Rp 250.000,-

Tulis Komentar